Laman

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Minggu, 27 Juni 2010

Menjaga email tetap aman

Anda mungkin menyimpan berbagai informasi dari sekian banyak account yang anda ikuti didalam satu account email. Email seperti "pusat kendali" yang apabila berhasil disusupi orang tidak bertanggungjawab, maka kacaulah account-account kita yang lainnya. Lalu bagaimana cara mengantisipasi agar hal seperti ini tidak terjadi? Berikut tips menjaga email tetap aman yang saya dapatkan dari mas Joko Susilo.

GMAIL

  • Hindari mencentang “stay signed in”. Terutama di komputer yang digunakan banyak orang. Kalau anda memberi centang, maka username dan password anda akan disimpan pada cookies di komputer. Bahayanya, spyware bisa ikutan membaca informasi yang disimpan ini.

    gmail joko



  • Gunakan https. Aktifkan https untuk membuat data anda lebih aman. Sebab data yang dikirim akan dienkripsi terlebih dahulu. Cara mengaktifkannya dengan mengklik “Settings” lalu pada pilihan “browser connection” pilih “always use https”. Kalau sudah, jangan lupa klik “save changes”.

    gmail joko s



  • Periksa “Last Account activity” pada bagian bawah. Periksa “details” jika ingin mengetahui detailnya. Maka akan terbuka kotak baru yang menampilkan detail alamat IP lokasi anda membuka alamat gmail anda. Jika ada nomer IP yang dirasa “aneh” ada kemungkinan orang lain menyusup ke akun gmail anda. Segera ganti password email anda!

    email joko





  • Ubah password anda secara berkala. Buat kombinasi password yang tidak mudah ditebak orang. Gunakan simbol seperti ! ” ? $ ? % ^ & * ( ) _ – + = { [ } ] : ; @ ‘ ~ # | \ < , > . ? / dalam password.





  • Update informasi recovery akun gmail. Caranya klik di sini kemudian pada “email” anda bisa tambahkan email lain untuk menerima link setiing ulang password. Link itu akan dikirimkan jika anda lupa password. Bila diperlukan tambahkan juga nomer telepon anda.





  • Log out jangan lupa. Setelah selesai menggunakan email, jangan lupa lakukan log out. Sekalipun anda menggunakan komputer pribadi, lebih baik jika anda biasakan memencet tombol log out setiap selesai menggunakan gmail. Buat jaga-jaga :)





  • Bersihkan juga data di browser. Untuk pengamanan ekstra, bersihkan juga cache, cookies, dan history pada browser anda sehabis menggunakan gmail. Biar lebih aman.





  • YAHOO!

  • Gunakan sign-in seal. Gunanya untuk memastikan kalau anda masuk ke situs Yahoo yang asli. Anda bisa atur segelnya berupa teks atau gambar. Untuk mengaktifkannya anda bisa mulai dengan klik pada link seperti pada gambar di bawah. kemudian klik “start now” dan anda bisa atur segel anda. Tiap buka website mail.yahoo.com, segel itu akan tampak.





  • Lihat tanda kunci. Kalau anda terima email–dari yahoo misal–lihat tanda kunci. Itu artinya email tersebut sudah diverifikasi melalui DomainKeys. Berarti email tersebut memang berasal dari yahoo.

    mail id




  • Update informasi akun anda. Di sini setelah kemudian anda masukkan password anda, anda bisa tambahkan alamat email yahoo anda lainnya. ini berguna jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada email yahoo anda anda, anda bisa gunakan tambahan email yahoo lainnya untuk mengamankan kembali email yahoo anda itu.




  • Ubah password. Kalau anda rasa ada orang lain yang menggunakan email anda, anda bisa segera ubah password email yahoo anda.




  • Recovery email anda. kalau ternyata anda lupa password email yahoo anda, atau mungkin anda lupa Id yahoo anda, anda bisa klik di sini. dan kemudian pilih permasalahan anda untuk kemudian datanya anda kirimkan ke alamat email yahoo anda lainnya. Itulah gunanya punya alamat email yahoo lebih dari satu. Agar ketika anda lupa password, bisa anda kirimkan ke alamat email yahoo yang lain.




  • ===@@@===

    Baca Juga



    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar