Laman

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Minggu, 20 Juni 2010

Cara Kerja Mesin Pencari "Google"

Untuk belajar SEO mungkin hal yang paling tepat adalah sedikit mengerti mengenai teknologi atau teori yang digunakan oleh mesin pencari dalam hal bagaimana mesin pencari (search engine) mengumpulkan dan merangking suatu halaman web, dengan mengetahui teorinya mungkin kita akan mempunyai gambaran bagaimana cara mengisi atau menulis artikel di web.

Google menggunakan teori yang dinamakan “PigeonRank” dimana teori ini diciptakan dan dikembangkan oleh pendiri Google sendiri yaitu Larry Page dan Sergey Brin.

Teori PigeonRank Google :

Mencari dan Meng-index

Pencarian oleh Google dilakukan oleh googlebots (robot google) yg namanya “SPIDERS”, robot ini menghubungi seluruh web server didunia untuk mendapatkan document. Pencarian ini tentu saja tidak membabi buta mencari tetapi juga atas ijin dari web server atau webmaster. Suatu web baru, akan lebih cepat dicari oleh robot Google jika memberitahukan alamat web yang telah dibuat ke pihak Google ( dengan cara mengirimkan daftar alamat atau file sitemap). Dari hasil pencarian, Google memberikan nomer dari setiap dokumen yang diketemukannya.

Langkah berikutnya (setelah mencari halaman web) adalah membuat peng-index-an. Peng-index-an dilakukan dengan cara melakukan pencarian/scan kata dari setiap dokumen/halaman web, dari pencarian ini akan dibuat sebuah daftar kata yang berisi penjelasan bahwa kata tersebut terdapat didokumen mana. Contoh kata “BELAJAR” terjadi dalam dokumen 3, 8, 22, 56, 68, and 92 dan kata “SEO“ terjadi dalam dokumen 2, 8, 15, 22, 68, and 77.

Dari hal tersebut diatas berarti index telah dibuat, langkah selanjutnya adalah me-ranking dan menentukan hubungan antara kata itu. Ketika pengguna Google mengetikan kata “BELAJAR SEO”, maka Google membutuhkan untuk melakukan

1. Mendapatkan semua halaman yang berisi kata “BELAJAR SEO”
2. Meranking halaman yang berhubungan dan relevan

Untuk melakukan pekerjaan ini Google menggunakan ratusan komputer. Dengan membagi perintah kedalam beberapa mesin (komputer), jawaban (menemukan dan menampilkan data) akan lebih cepat diperoleh. Sebagai ilustrasi, ambillah kita akan mengindex buku yang terdiri dari 30 halaman. Jika satu orang mencari sebagian informasi (data) dalam index membutuhkan beberapa detik. Tetapi jika anda memberikan setiap satu halaman index ke satu orang, sehingga dibutuhkan 30 orang maka pencarian akan lebih cepat.

Bagaimana Google mendapatkan halaman dari kata yang dicari?

Dalam kata “BELAJAR” terdapat pada dokumen 3, 8, 22, 56, 68, dan 92 dan kata “SEO” terdapat pada dokumen 2, 8, 15, 22, 68, dan 77. Jadi kata “BELAJAR SEO” terdapat pada dokumen 8, 22 dan 68.

Cara Merangking

Langkah sebelumnya telah dijelaskan bahwa Google sudah mencari dan mengumpulkan semua halaman yang ada di database mereka yang mengandung kata “BELAJAR SEO” dan langkah selanjutnya adalah merangkingnya. Dalam merangking Google mempertimbangkan 2 hal, yaitu: Ada berapa link halaman dari web lain (biasa disebut dengan backlink) dan Kualitas link. Dengan memiliki 5 atau 6 link dari web lain (web yang sudah masuk kedatabase Google dan memiliki rangking bagus) akan lebih berharga dari pada memiliki 10 atau 12 link dari web yang tidak begitu tekrenal (web yang belum masuk ke database Google atau sudah masuk tetapi memiliki rangking rendah).

Pertimbangan lainnya adalah

* penggunaan 2 kata (BELAJAR dan SEO) dalam artikel akan mendapatkan rangking lebih bagus dari pada hanya 1 kata.
* Pengunaan judul dengan kata “BELAJAR” dan “SEO” akan lebih relevan dari pada judul yang tidak menggunakan kata itu tetapi di artikelnya terdiri dari banyak kata itu.

sumber: http://gembong.web.id/bagaimana-google-mencari-mengumpulkan-dan-merangking-kata-kunci/

~

Baca Juga



Tidak ada komentar:

Posting Komentar